Pages

Rabu, 01 Mei 2013

Fungsi Toolbox Pada Macromedia Flash

Tools Pada Macromedia Flash
Sebelum mulai mempelajari Flash, perlu diketahui beberapa istilah yang
digunakan dalam Flash, serta bagaimana aturan menggunakannya. Toolbox berisi
alat-alat kerja dengan icon untuk masing-masing fungsi. Toolbox terdiri dari empat
bagian, yaitu tools, view, color dan options.
TOOLS berisi fungsi-fungsi untuk menggambar, memilih, membuat teks,
mewarnai, menghapus, dan membuat path. Tools terdiri dari beberapa icon untuk
menggambar, yaitu:
�� Pencil Tool - untuk menggambar garis seperti menggunakan pensil
�� Pen Tool - untuk menggambar path seperti garis lurus dan garis lengkung
�� Line Tool - untuk menggambar garis lurus
�� Oval Tool - untuk menggambar lingkaran dan elips
�� Rectangle Tool - untuk menggambar kotak
�� Brush Tool - untuk menggambar menggunakan brush

VIEW berisi fungsi-fungsi untuk mewarnai.
�� Zoom Tool - untuk memperbesar dan memperkecil gambar
�� Hand Tool - untuk menggeser gambar

COLORS berisi fungsi-fungsi untuk menampilkan gambar.
�� Stroke Color - untuk menentukan warna outline pada gambar
�� Fill Color - untuk mewarnai gambar

OPTIONS berisi pilihan lain untuk membuat variasi pada fungsi-fungsi tools dan
view. Bila Eraser tool diklik, akan muncul Eraser mode, Faucet dan Eraser Shape,
dengan banyak pilihan.


Stage
Seperti film, Flash movie mempunyai panjang yang terdiri dari sejumlah
frame. Stage merupakan bidang yang berwarna putih, dimana semua objek seperti
gambar, teks dan foto ditempatkan dan diatur di dalamnya.
Memperbesar dan memperkecil stage.
Tampilan stage dapat diubah dengan mengubah magnification level atau
mengubah ukuran stage dengan view command.


 gambar 1.2 Stage

Property Inspector
Properti berfungsi untuk menampilkan serta mengubah informasi objek
yang berada di stage, seperti mengatur character, alignment, dan lain-lain.
Gambar 1.3 Mengatur karakter pada Properties

Panel
Terdapat beberapa macam panel dalam Flash, dan setiap panel menampilkan
informasi dari suatu objek yang kita kehendaki, seperti simbol, warna, frame, dan
lain-lain.
Timeline
Timeline digunakan untuk mengatur semua jalan cerita, di mana actor
ditampilkan dan menghilang. Suatu objek yang muncul diatur dalam Timeline
tersebut. Komponen utama dalam Timeline adalah layer, frame dan playhead.
Timeline berfungsi untuk mengatur waktu suatu movie dan memunculkan objek
tertentu. Penempatan efek suara dan musik latar belakang juga diatur dalam
Timeline.

 Gambar 1.5 Timeline

Frame
Frame adalah gambar yang membentuk suatu gerakan bila frame tersebut
ditampilkan satu demi satu berurutan. Frame merupakan konsep animasi yang
dibuat secara manual maupun dengan alat bantu komputer.Untuk membuat movie
menyajikan suatu action pada saat playhead mencapai frame tertentu pada Timeline.
Gambar memperlihatkan action yang berada pada frame 5.

Gambar 1.6 Playhead pada Timeline menunjukkan action pada frame 5

Playhead
Playhead dengan garis merah vertikal, menunjukkan posisi frame berada
pada suatu saat. Bila posisi playhead tersebut berubah, maka gambar yang ada di
stage juga berubah. Pada Gambar 1.6 dapat dilihat posisi playhead yang
menunjukkan posisi frame.
Layer
Layer digunakan untuk menempatkan objek yang berbeda-beda seperti
kertas transparan, di mana beberapa layer bersama-sama merupakan suatu gambar
yang lengkap. Objek tidak hanya gambar animasi saja, melainkan dapat berupa
gambar latar belakang, teks, movie dan suara. Setiap objek berada pada layer
tersendiri yang independen. Macam-macam layer dapat dilihat pada gambar
berikut.

Gambar 1.7 Layer

Scene
Pada pembuatan film yang mempunyai jalan cerita cukup panjang, untuk
memudahkan pengembuatannya, maka dibagi-bagi menjadi beberapa tema yang
dinyatakan dalam scene. Seperti halnya pembuatan film yang terdiri dari banyak
scene, animasi juga dibuat dengan konsep yang sama, untuk memudahkan dalam
mengatur movie. Nama scene dapat diubah dengan mengklik dua kali pada nama
scene tersebut, kemudian diketik nama yang dikehendaki. Untuk menampilkan
panel Scene seperti Gambar 1.8, pilih menu Window ——> Scene.

Gambar 1.8 Scene

Tidak ada komentar:

Posting Komentar