Pages

Rabu, 15 Mei 2013

Dasar Teori Animasi dengan Macromedia Flash 8



A.    DASAR TEORI
Animasi merupakan kumpulan objek yang memiliki bentuk dan gerakan tertentu. Objek dasar yang menjadi komponen sebuah animasi dapat berupa kurva dasar atau pun objek yang diimpor dari aplikasi lain. Pada pembahasan berikut akan diuraikan cara membuat sebuah kurva dasar menggunakan tool yang tersedia dalam Macromedia Flash. kurva dasar di sini meliputi 2 bentuk, antara lain:
·         Garis
·         Kotak
1.        Membuat objek garis
Membuat garis dengan Line Tool
Langkah untuk membuat kurva dasar berupa garis lurus adalah mengklik ikon  pada toolbox, arahkan pada bidang kanvas, lalu buat garis objek garis dengan teknik drag. Agar garis yang anda buat benar-benar lurus, tekan tombol SHIFT pada keyboard pada saat anda melakukan drag.
Untuk memodifikasi ketebalan garis, anda dapat memanfaatkan panel Propertise dengan men-drag slider Stroke Height. Selain membuat objek berupa garis lurus, anda juga dapat membuat objek berupa garis lenkung.
                          
Gambar 1. Properties Pada Objek Garis
-          Buatlah sebuah objek garis lurus. Anda dapat menggunakan ikon   atau ikon .
-          Setelah selesai, arahkan mouse pointer pada sisi garis sehingga bentuk mouse pointer berubah menjadi  
-          Setelah itu, drag dan bentuk sebuah garis lengkung.
                           
Gambar 2. Garis sebelum dan sesudah dilengkungkan
2.        Membuat Kotak
Membuat Poligon
Selain objek kotak dan garis seperti yang telah dibahas diatas, Macromedia Flash juga  menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah objek poligon atau segi banyak. Untuk membuat objek poligon, lakukan beberapa tahapan sebagai berikut:
-          Klik dan tahan ikon 
-          Berikutnya, pilih Polystar tool
                                                             
Gambar 3. Komposisi Icon Pada Rectangel Tool
-          Pada panel Properties, klik tombol Options.
-          Atur setting sebagai berikut:
                                                     
Gambar 4. Tool Setting pada Style Polygon
Atau
                                               
Gambar 5. Tool Setting pada Style Star
-          Setelah selesai mengatur setting PolyStar, buat objek Poligon pada Stage menggunakan Teknik drag.
Animasi Lingkaran Berputar
Langkah untuk membuat animasi lingkaran berputar adalah sebagai berikut:
-          Buka lembar kerja baru
-          Klik ikon   tambahkan tipe warna Bitmap.
-          Selanjutnya ,klik kanan pada frame 20, lalu pilih menu Insert KeyFrame
                                           
Gambar 6. Penambahan Key Frame
-          Klik kanan pada frame aktif dan pilih menu Create Motion Tween
-          Frame masih dalam keadaan aktif atur properti frame Rotate = CW, Times 3
                                                 
Gambar 7. Pengaturan Properties Rotate
-          Untuk melihat animasi, lakukan test movie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar