A.
DASAR
TEORI
Animasi merupakan kumpulan objek yang memiliki
bentuk dan gerakan tertentu. Objek dasar yang menjadi komponen sebuah animasi
dapat berupa kurva dasar atau pun objek yang diimpor dari aplikasi lain. Pada pembahasan
berikut akan diuraikan cara membuat sebuah kurva dasar menggunakan tool yang
tersedia dalam Macromedia Flash. kurva dasar di sini meliputi 2 bentuk, antara
lain:
·
Garis
·
Kotak
1.
Membuat objek garis
Membuat
garis dengan Line Tool
Langkah
untuk membuat kurva dasar berupa garis lurus adalah mengklik ikon
pada
toolbox, arahkan pada bidang kanvas, lalu buat garis objek garis dengan teknik
drag. Agar garis yang anda buat benar-benar lurus, tekan tombol SHIFT pada
keyboard pada saat anda melakukan drag.
Untuk
memodifikasi ketebalan garis, anda dapat memanfaatkan panel Propertise dengan
men-drag slider Stroke Height. Selain membuat objek berupa garis lurus, anda
juga dapat membuat objek berupa garis lenkung.
Gambar
1. Properties Pada Objek Garis
-
Buatlah sebuah objek garis lurus.
Anda dapat menggunakan ikon
atau ikon
.
-
Setelah selesai, arahkan mouse
pointer pada sisi garis sehingga bentuk mouse pointer berubah menjadi
-
Setelah itu, drag dan bentuk sebuah
garis lengkung.
Gambar
2. Garis sebelum dan sesudah dilengkungkan
2.
Membuat Kotak
Membuat
Poligon
Selain
objek kotak dan garis seperti yang telah dibahas diatas, Macromedia Flash
juga menyediakan fasilitas untuk membuat
sebuah objek poligon atau segi banyak. Untuk membuat objek poligon, lakukan
beberapa tahapan sebagai berikut:
-
Klik dan tahan ikon
-
Berikutnya, pilih Polystar tool
Gambar
3. Komposisi Icon Pada Rectangel Tool
-
Pada panel Properties, klik tombol
Options.
Gambar
4. Tool Setting pada Style Polygon
Atau
Gambar
5. Tool Setting pada Style Star
-
Setelah selesai mengatur setting
PolyStar, buat objek Poligon pada Stage menggunakan Teknik drag.
Animasi Lingkaran Berputar
Langkah untuk membuat animasi lingkaran berputar adalah sebagai
berikut:
-
Buka lembar kerja baru
-
Klik ikon
tambahkan
tipe warna Bitmap.
-
Selanjutnya ,klik kanan pada frame
20, lalu pilih menu Insert KeyFrame
Gambar
6. Penambahan Key Frame
-
Klik kanan pada frame aktif dan
pilih menu Create Motion Tween
-
Frame masih dalam keadaan aktif
atur properti frame Rotate = CW, Times 3
Gambar
7. Pengaturan Properties Rotate
-
Untuk melihat animasi, lakukan
test movie
Tidak ada komentar:
Posting Komentar