Pages

Selasa, 10 November 2015

PERKEMBANGAN MEKATRONIKA



Mechatronics adalah kata baru yang lahir di Jepang merupakan gabungan antara 2 kata yaitu mechanics dan electronics. Istilah mekatronika berawal dari tahun 1960-an yang digunakan dalam kendali komputer untuk motor-motor elektrik yang diperkenalkan oleh Yasakawa Electric Company.

Dahulunya mekatronik diarahkan pada 3 target yaitu: penghematan energi (energi saving), pengecilan dimensi dan peringanan berat dan peningkatan kehandalan (reliability). Setelah berjalannya waktu maka, mekatronik perlu dirumuskan kembali agar sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi. Khususnya untuk Indonesia sebagai sebuah Negara berkembang dengan berbagi masalah yang ada dimasyarakat, tentunya arah mekatronika harus ditentukan untuk dapat menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan aspek – aspek lingkungan regional ataupun global.




Di Indonesia telah diadakan musyawarah Komunitas Nasional Mekatronika pada tanggal 28 juli 2008 di Bandung dan mendefinisikan "mekatronika adalah sinergi IPTEK dari teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan teknik pengaturan yang bermanfaat untuk merancang, membuat/memproduksi,mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem agar dicapai tujuan yang diinginkan."

Menurut IEEE 1996 ( IEEE Mechatronics Transaction, 1996) : Mechatronics is the synergistic integration of mechanical engineering with electronics and intelligent computer control in the design and manufacturing of industrial products and processes. Yang artinya Mekatronika adalah integrasi sinergis dari teknik mesin dengan elektronik dan kontrol komputer cerdas dalam desain dan pembuatan produk industri dan yang berproses.

Secara sempit pengertian mekatronika mengarah pada teknologi kendali numerik yaitu teknologi mengendalikan mekanisme menggunakan aktuator untuk mencapai tujuan tertentu dengan memonitor kondisi gerak mesin menggunakan sensor dan memasukkan informasi tersebut kedalam mikro-prosessor. Dengan kata lain mekatronika adalah penggabungan ilmu antara lain Mekanika, Elektronika, Informatika, dan Sistem Rekayasa Kendali  dengan tujuan untuk merancang, memproduksi, mengoperasikan atau memelihara sistem maupun mengoptimasi suatu produk untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ini merupakan  kemajuan yang sangat pesat jika dibandingkan dengan kontrol otomatis menggunakan instrumen analog, karena dapat merubah skenario kontrol secara fleksibel dan dapat memiliki fungsi pengambilan keputusan tingkat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar